BRI Group Memegang Ultra Mikro Selama Tiga Tahun untuk Layani 176 Juta Nasabah Simpanan dan 36,1 Juta Debitur

by -23 Views

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Setelah berusia tiga tahun, Holding Ultra Mikro (UMi) telah mencapai berbagai pencapaian positif dalam upayanya meningkatkan inklusi keuangan dan pemberdayaan ekonomi masyarakat di Indonesia. Sejak didirikan pada 13 September 2021, Holding Ultra Mikro yang terdiri dari PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI), PT Pegadaian, dan PT Permodalan Nasional Madani (PNM) telah menunjukkan komitmen yang kuat dalam meningkatkan akses layanan keuangan bagi pelaku UMKM, khususnya segmen ultra mikro.

Melalui kolaborasi yang erat antara BRI, Pegadaian, dan PNM, ekosistem Ultra Mikro telah melayani lebih dari 176 juta nasabah simpanan dan 36,1 juta nasabah pinjaman/debitur dengan total penyaluran pembiayaan mencapai lebih dari Rp622,3 triliun.

Direktur Utama BRI, Sunarso, mengapresiasi dukungan dari semua pihak selama tiga tahun perjalanan Holding Ultra Mikro. “Kami berterima kasih kepada Presiden RI, Bapak Joko Widodo, Kementerian BUMN RI, regulator, seluruh nasabah, dan masyarakat yang telah bergabung dalam perjalanan kami. Tiga tahun ini merupakan langkah awal bagi kami untuk terus meningkatkan inklusi keuangan dan memberdayakan pelaku usaha ultra mikro di Indonesia,” ujarnya.

Sunarso juga menambahkan bahwa ke depan, BRI akan terus berkomitmen untuk berinovasi dan berkolaborasi dalam menciptakan layanan keuangan yang lebih inklusif, mudah diakses, dan berkelanjutan. “Langkah-langkah ini diharapkan dapat membantu mewujudkan visi pemerintah dalam memperkuat ekonomi kerakyatan dan mendorong peningkatan kesejahteraan masyarakat secara luas,” katanya.