Prabowo Subianto Bersiaran ke 5 Negara dalam Waktu 3 Hari, Bertemu dengan Pimpinan Negara

by -38 Views

Jakarta – Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto yang juga merupakan presiden terpilih 2024-2029 melakukan kunjungan ke lima negara di Asia Tenggara dalam waktu tiga hari untuk bertemu dengan kepala negara masing-masing.

Kunjungan pertama Prabowo adalah ke Brunei Darussalam untuk bertemu dengan Sultan Haji Hassanal Bolkiah di Istana Nurul Iman, Brunei Darussalam, pada hari Kamis (5/9). Prabowo berangkat dari Bandara Halim Perdana Kusuma Jakarta pukul 10:00 pagi.

Pertemuan antara Prabowo dan Sultan Brunei membahas sejumlah isu strategis, terutama dalam bidang pertahanan dan kerjasama pendidikan di mana Prabowo mengundang para perwira Brunei Darussalam untuk belajar di Universitas Pertahanan Republik Indonesia (RIDU).

Setelah kunjungan kerja di Brunei, Prabowo melanjutkan perjalanan ke Laos dan berangkat dari Bandara Internasional Brunei pada hari Kamis, 5 September pukul 14:27 waktu setempat dan tiba di Laos pukul 17:38 waktu setempat.

Di Laos, Prabowo bertemu dengan Presiden Republik Demokratik Rakyat Laos Thongloun Sisoulith dan Perdana Menteri Laos Sonexay Siphandone pada hari Jumat, 6 September 2024. Dalam pertemuan tersebut, dibahas berbagai isu strategis yang menguntungkan kedua negara.

Setelah itu, dari Laos Prabowo menuju Kamboja untuk bertemu dengan Presiden Senat Kamboja, Samdech Akka Moha Sena Padei Techo (Hun Sen) dan Perdana Menteri Kamboja Samdech Moha Borvor Thipadei (Hun Manet). Dalam pertemuan dengan Hun Sen, Prabowo menyampaikan penghargaan atas kerja sama pertahanan antara Indonesia dan Kamboja.

Kemudian, bersama dengan PM Hun Manet, Prabowo menyatakan keyakinannya bahwa Indonesia dan Kamboja dapat bekerja sama untuk memajukan kedua negara.

Pada hari yang sama, Jumat, 6 September 2024, Prabowo melanjutkan kunjungan kerjanya ke Thailand. Di Thailand, Prabowo hadir dalam jamuan makan malam bersama mantan Perdana Menteri Thailand Thaksin Shinawatra dan putrinya Paetongtarn Shinawatra di Bangkok.

Setelah menginap di Thailand, Prabowo pergi ke Malaysia pada Sabtu pagi untuk bertemu dengan Raja Malaysia Yang Di-Pertuan Agong Sultan Ibrahim di Istana Negara, Kuala Lumpur. Mereka membahas tentang kerja sama pertahanan dan isu strategis lainnya.

Menutup kunjungan di Asia, Prabowo bertemu dengan Perdana Menteri Malaysia Dato Seri Anwar Ibrahim untuk membahas kerja sama bilateral antara kedua negara.

Setelah mengunjungi lima negara di Asia Tenggara, Prabowo kembali ke Indonesia pada pukul 16:41 waktu Thailand dan tiba di Indonesia pukul 20:20 WIB.

Source link