Profil Jeje Wiradinata: Bupati Dua Periode dan Calon Gubernur Jawa Barat 2024

by -40 Views

Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata menjadi sorotan dalam kontestasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jawa Barat 2024. Namanya muncul secara mengejutkan pada saat detik-detik terakhir pendaftaran ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jabar.

Jeje muncul sebagai Bacagub dalam saat-saat terakhir pendaftaran ke KPU Jabar. Dia bersama Ronal Surapradja, akan bertarung sebagai bakal Calon Gubernur dan Wakil Gubernur dalam Pilkada 2024.

Keputusan mengejutkan ini dibuat oleh PDI Perjuangan ketika akan mendaftar ke KPU. Awalnya, nama yang digadang-gadang adalah Ono Surono, ketua DPD PDI Perjuangan, namun pada menit terakhir keputusannya berubah.

Jeje telah memiliki kiprah politik yang cukup signifikan. Dikenal sebagai anak seorang nelayan dan politisi kampung, Jeje juga menjabat sebagai Ketua KUD Minasari (Koperasi Nelayan) di Pangandaran sejak tahun 2014 hingga sekarang.

Sebagai seorang politisi, nama Jeje sudah sering dibahas dan diperbincangkan, terutama ketika masuk radar cawagub beberapa waktu yang lalu. Ia telah menjabat sebagai Bupati Pangandaran selama dua periode.

Kiprah politik Jeje Wiradinata terbilang sukses, dimulai dari menjadi ketua PAC PDI Perjuangan pada tahun 1999. Ia juga pernah menjadi anggota DPRD Ciamis selama dua periode, yakni 1999-2004 dan 2004-2009.

Jeje kemudian ikut dalam Pilbup Ciamis tahun 2014 sebagai Wakil Bupati. Bersama Iing Syam Arifin sebagai bupati, mereka memenangkan Pilkada Kabupaten Ciamis dengan suara terbanyak. Jeje kemudian terpilih sebagai Bupati Pangandaran periode 2016-2020.

Dalam Pilkada Pangandaran 2020, Jeje berhasil kembali terpilih sebagai Bupati, kali ini bersama Ujang Endin sebagai Wakil Bupati. Pasangan ini meraih suara terbanyak dan resmi menjabat periode 2021-2024.

Jeje Wiradinata telah menunjukkan dedikasi dan komitmen dalam dunia politik selama ini. Dengan pengalaman dan kiprahnya yang luar biasa, Jeje populer di wilayahnya. Kehadirannya dalam Pilkada Jawa Barat 2024 sebagai Bacagub menjadi bukti komitmen dan tanggung jawabnya terhadap kondisi demokrasi saat ini.

Source link