Peta Aliansi Partai Politik Menuju Pilkada 2024 di Pangandaran

by -46 Views

Pada menjelang pendaftaran Calon Bupati dan Wakil Bupati Pangandaran untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024, koalisi politik mulai menghangat. Sejumlah partai politik sudah memberikan rekomendasi kepada pasangan calon. Dari 7 parpol yang memiliki kursi sementara, terbagi menjadi dua koalisi.

Koalisi pertama terdiri dari PDI-PAN yang mengusung Citra Pritiyami dengan Ino Darsono. Sementara koalisi kedua terdiri dari PKB, PKS, dan Gerindra yang mengusung Ujang Endin Indrawan dengan Dadang Solihat (Okta).

Meskipun kedua pasangan calon tersebut sudah mendapatkan rekomendasi dari parpol, namun belum melakukan deklarasi menjelang H-3 pendaftaran. Parpol lain seperti Golkar dan PPP, yang memiliki kursi di Pangandaran, belum menentukan sikap.

Pendaftaran untuk Bacabup-Bacawabup akan dibuka oleh KPU Pangandaran pada 27 hingga 29 Agustus 2024. Saat ini, pasangan Citra-Ino telah mendapatkan rekomendasi dari dua parpol dengan total 20 kursi DPRD, sedangkan pasangan Ujang-Dadang memiliki 13 kursi DPRD.

Sekjen DPC PDI Perjuangan Pangandaran, Riki Zulfikri, menyatakan bahwa partai belum menentukan koalisi bersama. Sementara itu, PDI Perjuangan sudah resmi memberikan rekomendasi kepada pasangan Citra-Ino. Sementara, PKB Kabupaten Pangandaran mengonfirmasi bahwa Ujang Endin Indrawan akan berpasangan dengan Dadang Solihat.

Golkar masih menunggu untuk memutuskan apakah akan ikut serta dalam Pilkada atau memanfaatkan hasil putusan MK. Semua langkah politik ini akan terus diikuti hingga proses pendaftaran dan Pilkada berlangsung.

Source link