FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Dua organisasi besar yang mewadahi bisnis depot air minum menyesalkan sikap Aqua, pemimpin pasar industri air kemasan bermerk, yang menyerang produk air galon depot isi ulang melalui iklan televisi yang tendensius.
Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Depot Air Minum Indonesia (Apdamindo), Budi Darmawan, menyatakan, “Kami sangat menyayangkan langkah Danone Aqua dalam menayangkan iklan yang menyerang produk air depot isi ulang. Klaim yang menyatakan bahwa air depot isi ulang kurang aman dan bermutu rendah sangat tidak berdasar dan menyesatkan konsumen.”
Menurut Budi Darmawan, produk air galon depot isi ulang yang dikelola oleh UMKM di seluruh Indonesia selalu melalui tahapan uji kualitas dan keamanan yang baik. Penggunaan seorang “ahli” yang tidak mengerti sejarah panjang depot air minum yang telah bekerja sama bertahun-tahun dengan Kementerian Kesehatan dianggap kurang bijaksana.
“Konsumen tidak perlu ragu dengan mutu dan kualitas air depot dan tidak perlu juga terpengaruh propaganda Aqua,” kata Budi Darmawan.
Hal yang sama diungkapkan oleh Ketua Umum Perkumpulan Dunia Air Minum Indonesia (Perdamindo), Achmad Zuhry. “Setiap hari kami mensosialisasikan kepada pelaku Depot Air Minum agar seluruh pelaku DAM mengikuti peraturan perundang-undangan yang berlaku, jadi tidak ada istilah air depot dengan mutu dan keamanan di bawah air bermerk,” katanya.
Achmad Zuhry juga menyesalkan pandangan negatif Aqua terhadap bisnis depot air minum yang merupakan kontributor utama air minum di Indonesia.