Penguat Pemberdayaan UMKM di Indonesia Timur dengan Resmikannya UMKM Center Makassar oleh BSI

by -49 Views

Fajar.co.id, Jakarta — PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) resmi membuka UMKM Center keempat di Kota Makassar, yang terletak di Jl. Sungai Saddang Lama No.40, Maradekaya Selatan, Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Pembukaan UMKM Center Makassar ini merupakan langkah BSI untuk mengoptimalkan peran pelaku ekonomi kerakyatan di Indonesia Timur.

Direktur Utama BSI, Hery Gunardi, menyatakan bahwa kehadiran UMKM Center Makassar adalah untuk menemukan dan memperoleh potensi UMKM baru di wilayah Indonesia Timur. Terutama karena BSI Region Makassar memiliki jangkauan yang luas, meliputi seluruh Pulau Sulawesi, Maluku, hingga Pulau Papua.

Hingga Juni 2024, BSI telah menyalurkan pembiayaan sebesar Rp47,72 triliun kepada UMKM, dengan pertumbuhan 14,54% secara tahunan. Saat ini, BSI memiliki lebih dari 3.281 UMKM binaan yang terus dibina, termasuk yang berhasil go internasional.

Hery menjelaskan bahwa UMKM Center BSI menjadi tempat bagi pelaku usaha segmen tersebut untuk mendapatkan pelatihan, bimbingan, pembiayaan, pendampingan bisnis, bantuan pemasaran produk, hingga bantuan business matching. Menurut Hery, para pelaku UMKM yang memanfaatkan program ini diharapkan dapat meningkatkan skala usaha mereka melalui optimalisasi potensi bisnis dan dukungan dalam proses digitalisasi usaha.

“Kami berkomitmen untuk terus meningkatkan pembiayaan bagi UMKM dengan berbagai strategi, salah satunya melalui UMKM Center. Kami berharap UMKM Center Makassar dapat memberikan manfaat dalam meningkatkan kualitas UMKM di Indonesia Timur melalui program-program pembinaan yang tersedia,” ujar Hery.