PBB memberikan Dukungan untuk Program Makanan Gratis yang Bergizi: Investasi yang Penting dan Efektif dalam Meningkatkan Kualitas Gizi.

by -75 Views

Jakarta – Jeffrey Sachs, seorang ekonom yang juga merupakan advokat SDGs di bawah Sekretaris Jenderal PBB, menganggap program makanan bergizi gratis sebagai bentuk investasi dan cara efektif bagi negara untuk meningkatkan gizi masyarakatnya.

Hal ini disampaikan oleh Sachs saat menghadiri seminar publik dengan tema “Membangun Masa Depan Berkelanjutan Melalui Pembelajaran sepanjang Hayat dan Pengembangan Keterampilan” yang diselenggarakan oleh Prakerja, United in Diversity Foundation (UID), dan The Sustainable Development Solutions Network (SDSN) beberapa waktu yang lalu, yang ringkasannya dipublikasikan di website prakerja.go.id.

“Program ini adalah ide yang sangat bagus dan efektif dalam meningkatkan gizi yang dilakukan oleh negara. Dimulai dari usia dini dan bekerja sama dengan program makanan sekolah,” kata Sachs seperti dilansir pada Senin (8/7).

Meskipun Sachs menyadari bahwa program makanan bergizi gratis tidak murah, namun jika dilaksanakan dengan baik maka hal itu akan menjadi investasi dengan dampak yang signifikan.

Ia juga menjelaskan beberapa dampak dan manfaat yang bisa didapat melalui program ini, terutama bagi anak-anak, ibu hamil, dan peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia.

Menurut Sachs, program ini memberikan kesempatan bagi anak-anak dan ibu hamil untuk mendapatkan asupan makanan bergizi secara teratur. Dengan demikian, mereka dapat terhindar dari stunting dan kekurangan gizi, yang dapat berdampak pada perkembangan gizi dan mental.

“Selain itu, program ini mendukung proses belajar mengajar dan mencetak tenaga kerja berkualitas di masa depan,” tambahnya.

Lebih lanjut dijelaskan bahwa implementasi program makan siang gratis ini mendukung pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) nomor 2, yakni mengatasi kelaparan dan malnutrisi.

“Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) hadir sebagai kerangka kerja yang tepat untuk mengintegrasikan program-program pemerintah, termasuk program makanan bergizi gratis. SDGs, dengan 17 tujuan, memberikan panduan untuk mencapai masa depan yang lebih baik dan berkelanjutan bagi semua orang,” lanjutnya.

Presiden RI terpilih untuk periode 2024-2029, Prabowo Subianto telah mengumumkan program makanan bergizi gratis yang akan diberikan kepada para siswa di sekolah. Sebelumnya, pemerintah dan Badan Anggaran DPR RI juga telah menyetujui anggaran sebesar Rp71 triliun dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2025 untuk program ini.

Source link