Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia: PT Vale Mengajak Ibu PKK se-Loeha Raya untuk Belajar Daur Ulang Sampah Plastik

by -54 Views

PT Vale Indonesia Tbk (PT Vale) telah mengadakan serangkaian kegiatan untuk memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2024 dengan melibatkan TNI, Kepolisian, Pemerintah Desa, dan Kecamatan Towuti.

Kegiatan dengan tema “Sayangi Bumi untuk Masa Depan” berlangsung selama dua hari pada Senin-Selasa (10-11/6/2024) di Desa Loeha. Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2024 diwarnai dengan kegiatan pelatihan daur ulang sampah, aksi pembersihan sungai, serta penanaman dan distribusi 1000 bibit pohon musang king yang dihadiri dengan antusiasme oleh masyarakat sekitar Loeha Raya di 5 desa, yaitu Desa Loeha, Rante Angin, Tokalimbo, Bantilang, dan Masiku.

Andy Yustian Bessie, Head of Exploration, Geoscience, and FEL Study PT Vale Indonesia Tbk, mengungkapkan bahwa kegiatan ini sejalan dengan nilai-nilai perusahaan dalam menghargai bumi dan masyarakat. PT Vale sangat fokus dalam mempromosikan pentingnya pelestarian lingkungan untuk menjaga komitmen perusahaan dalam menjalankan usaha tambang yang berkelanjutan. Di Loeha Raya, upaya ini terutama direalisasikan melalui pelatihan daur ulang sampah plastik dengan metode pembuatan ecobrick yang melibatkan sekitar 100 ibu-ibu PKK di Loeha Raya sebagai peserta.

Andy Yustian Bessie juga menyatakan, bahwa kegiatan ini bukan hanya untuk memperingati pentingnya menjaga lingkungan hidup, tetapi juga sebagai langkah konkret untuk meningkatkan kesadaran akan manajemen sampah plastik.

Dalam pelatihan tersebut, komunitas peduli lingkungan Selaras Batara Guru turut hadir. Para peserta diajak untuk aktif terlibat dalam proses pembuatan ecobrick, dimana mereka belajar untuk mengubah sampah plastik menjadi benda berguna yang ramah lingkungan.