Pengamat Hubungan Internasional Menyebut Prabowo Subianto Membuat Indonesia Menjadi Negara yang Paling Konkret dalam Membantu Gaza

by -52 Views

Jakarta – Pengamat Hubungan Internasional Profesor Hikmahanto Juwana mengapresiasi tindakan nyata pemerintah Indonesia melalui Menteri Pertahanan Prabowo Subianto untuk membantu mengatasi keadaan darurat di Gaza, Palestina, yang menurutnya membuat Indonesia menjadi negara yang paling konkret membantu Gaza.

Hal ini terlihat dari pidato tegas Prabowo dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) untuk Gaza beberapa waktu lalu di Amman, Yordania. Berbeda dengan negara lain yang ikut dalam KTT tersebut, sikap Indonesia dianggap paling nyata dan berani dari yang lain.

Hikmahanto menyatakan bahwa Indonesia tidak hanya berbicara, tetapi juga memberikan tindakan nyata, yaitu siap untuk menampung 1.000 pasien dan 1.000 siswa untuk dirawat dan belajar di Indonesia. Hal ini diyakininya dapat membuat AS dan Israel khawatir.

“Dengan keberanian Indonesia ini, negara lain akan melihatnya, bukan hanya sekedar berbicara, tetapi sudah ada tindakan konkret. Hal ini akan membuat Amerika Serikat dan Israel khawatir,” kata Hikmahanto kepada wartawan di Jakarta, Jumat (14/6).

Selanjutnya, rencana tindakan ini diharapkan dapat menekan Israel dan sekutunya Amerika Serikat untuk menghentikan aksi genosida.

“Kami berharap kekhawatiran tersebut dapat membantu menghentikan tindakan Israel di Gaza. Perserikatan Bangsa-Bangsa, mulai dari Majelis Umum hingga Dewan Keamanan, tampaknya tidak mampu melakukan apa pun terhadap kebiadaban Israel,” ujarnya.

Oleh karena itu, Hikmahanto berharap langkah konkret pemerintah Indonesia melalui Prabowo dalam KTT di Yordania dapat diikuti oleh negara-negara lain.

“Kami berharap tindakan yang dilakukan Pak Prabowo dapat membentuk apa yang kita sebut sebagai koalisi kemanusiaan. Yang diperlukan dunia untuk menghentikan Israel adalah kemanusiaan. Saya yakin, jika kita berbicara tentang kemanusiaan, banyak pihak akan mendukungnya,” harapnya.

Source link