Prabowo Subianto: Negara-negara Afrika Memandang Indonesia Sebagai Teladan Keberhasilan

by -54 Views

Jakarta – Menteri Pertahanan (Menhan) RI Prabowo Subianto menyatakan bahwa negara-negara di Afrika menjadikan Indonesia sebagai contoh baik yang dapat dijadikan panutan karena dianggap berhasil dalam proses pembangunan.

Hal itu disampaikan oleh Prabowo usai bertemu dengan Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Jalan Medan Merdeka Utara Gambir, Jakarta, Kamis (13/6) sore setelah KTT Gaza di Amman, Yordania dan kunjungan kerja di Jeddah, Arab Saudi.

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Prabowo ketika ditanya oleh awak media mengenai salah satu fokus program kebijakan pemerintahan periode 2024-2029, yaitu akan memperluas dan melanjutkan kerja sama yang kuat dengan negara-negara lain, termasuk Afrika.

“Mereka (Afrika) melihat Indonesia sebagai contoh keberhasilan negara yang berkembang, negara di selatan. Langkah-langkah kita, keberanian kita untuk hilirisasi, dan keberpihakan kita untuk selalu bersama rakyat yang sedang mengalami kesulitan di dunia ini sangat menarik bagi mereka,” jelas Prabowo.

Prabowo mengatakan bahwa banyak negara tetangga yang mengundangnya dan termotivasi ingin belajar serta mengirimkan putra-putri terbaiknya untuk belajar di Indonesia demi mendapatkan bekal ilmu.

“Jadi, mereka banyak mengundang saya, meminta bantuan Indonesia, meminta dididik di Indonesia. Saya kira lebih ke arah situ,” kata Prabowo.

Sebelumnya, Prabowo juga telah mengungkapkan sejumlah poin tentang Afrika dalam sebuah artikel opini yang diterbitkan di media asing Newsweek, Rabu (12/6) dengan judul “The Road Ahead for Indonesia.”

Prabowo menekankan bahwa akan fokus khusus pada Afrika, yang ia gambarkan sebagai sebuah benua yang dekat di hatinya dan penuh dengan peluang.

Namun, yang dimaksud Prabowo adalah memfokuskan pada kemitraan dalam berbagai bidang yang dapat menguntungkan kedua negara.

“Kita dapat saling mendukung, berbagi pengalaman, dan dengan membangun sinergi dan kemitraan, bekerja untuk mentransformasi negara kita,” kata Prabowo.

Source link