Presiden Jokowi akan Meresmikan Kapasitas RPB Garam Pangkep Maksimal 30 Ton per Hari

by -71 Views

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan, Prof Zudan Arif Fakrulloh, menerima audiensi dari Deputi Bidang Perkoperasian Kementerian Koperasi dan UKM Indonesia, Ahmad Zabadi, di Kantor Gubernur, Jumat (31/5/2024).

Turut hadir dalam pertemuan itu Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sulawesi Selatan Ashari Fakhsirie Radjamilo dan Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Jeneponto Mernawati.

Dalam pertemuan tersebut, dibahas mengenai dukungan dari Kementerian Koperasi dan UKM Indonesia terhadap Rumah Produksi Bersama (RPB) Garam di Kabupaten Pangkep yang sudah beroperasi, serta rencana revitalisasi Pasar Rakyat Beroanging di Kabupaten Jeneponto.

Ahmad Zabadi dari Kementerian Koperasi dan UKM Indonesia menyampaikan apresiasi atas keberhasilan RPB dalam perencanaan yang tepat waktu dan langsung operasional. Dia menyebut bahwa RPB di Pangkep merupakan suatu hal yang baik.

RPB Garam telah berhasil meningkatkan produksi garam rumah tangga dan industri dari 2 ton per hari menjadi 17 ton, dengan kapasitas maksimal mencapai 30 ton per hari. Sementara itu, Pasar Rakyat Beroanging melayani delapan desa di sekitarnya.

Prof. Zudan Arif Fakrulloh, selaku Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan, mengapresiasi upaya dan dukungan dari pemerintah pusat. Dia menyatakan bahwa pihaknya mendukung penuh operasional RPB Garam di Pangkep dan revitalisasi Pasar Rakyat di Jeneponto, karena hal ini dapat meningkatkan kesejahteraan dan ekonomi masyarakat.

“Ini perlu diawasi dengan baik, karena hal ini dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat, pendapatan, dan ekonomi kita,” tambahnya.