Jaga Harga Pangan dan Optimalisasi Gudang Bulog oleh Bapanas Selama Lebaran

by -68 Views

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Direktur Distribusi dan Cadangan Pangan Badan Pangan Nasional (Bapanas), Rachmi Widiriani mengungkapkan bahwa pihaknya melakukan berbagai upaya dalam menjaga ketersediaan pangan selama Lebaran 2024.

Upaya tersebut dilakukan dengan menjaga stabilitas harga, mengoperasikan tol laut, mengoptimalkan gudang Bulog, dan menyalurkan beras Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP) melalui operasi pasar murah.

“Stabilitas harga ini kuncinya ada pada supply and demand. Jika seimbang, maka harga akan relatif stabil. Nah, produk ini memiliki stok. Tinggal bagaimana mendistribusikannya,” ungkap Rachmi dalam dialog Forum Merdeka Barat 9 (FMB9) dengan tema ‘Lebaran Aman, Mudik Ceria Penuh Makna’, pada hari Senin (1/4).

Oleh karena itu, Bapanas telah bekerja sama dengan Kementerian Perhubungan untuk mendistribusikan bahan pangan ke berbagai daerah. Selain itu, pihaknya juga telah berkoordinasi dengan sejumlah lembaga dan kepala dinas antarprovinsi serta kota.

“Ketersediaan pangan tidak boleh hanya terpusat di satu titik. Untuk distribusi, kami telah bekerja sama dengan Kemenhub sehingga bahan pangan tersedia merata. Kerjasama antardaerah juga terjadi, ada forum kepala dinas antarprovinsi dan kota untuk berkomunikasi mengenai daerah yang kekurangan,” tambahnya.

Rachmi juga menyebutkan bahwa Bapanas telah melakukan optimalisasi gudang Bulog di beberapa daerah. Tidak hanya beras, tetapi juga 11 komoditi lain yang tak kalah penting.

“Komoditas lain juga disiapkan dalam cold storage untuk mencegah kerusakan seperti kedelai, bawang, cabai, daging ayam, telur, dan lainnya agar memiliki masa simpan yang panjang,” jelasnya.