Pemerintah Intervensi Pasar untuk Menyeimbangkan Harga Pangan

by -70 Views

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Kepala Badan Nasional Arief Prasetyo Adi menyatakan bahwa pemerintah akan terus melakukan intervensi pasar untuk menyeimbangkan harga pangan di pasaran.

“Bantuan pangan beras yang mulai disalurkan oleh Bulog merupakan salah satu langkah pemerintah dalam menjaga keseimbangan harga pangan di masyarakat,” kata Arief, saat Kunjungan Kerja Presiden RI Joko Widodo di Bitung, Sulut.

Ia menegaskan bahwa diperlukan waktu untuk mencapai keseimbangan harga baik di tingkat produsen maupun konsumen. Namun, pemerintah telah merencanakan hal ini dengan cermat sehingga masyarakat tidak perlu khawatir tentang harga pangan yang belum stabil saat ini.

“Pemerintah memiliki berbagai program intervensi pasar untuk menyeimbangkan harga pangan,” ujarnya.

Intervensi pertama dilakukan melalui Gerakan Pangan Murah (GPM) yang juga dilaksanakan oleh Bulog, serta program Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP) yang disalurkan ke retail modern, pasar tradisional, dan pasar induk.

“Hari ini dilakukan penyaluran Bantuan Pangan sebanyak 10 Kg ke setiap Keluarga Penerima Manfaat (KPM),” tambahnya.

Direktur Supply Chain dan Pelayanan Publik (SCPP) Perum Bulog, Mokhamad Suyamto, yang ikut dalam kegiatan tersebut, menegaskan bahwa pihaknya akan terus melakukan upaya positif terhadap harga beras yang masih fluktuatif dengan memastikan ketersediaan beras di berbagai outlet penyalur tercukupi.