Jokowi Menyatakan Pengusaha Dapat Naik Kelas dengan Mudah, Hanya Dengan Kerja Keras dan Disiplin

by -86 Views

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan pesan kepada 5.000 nasabah Permodalan Nasional Madani (PNM) di Maros. Ia menyatakan bahwa pengusaha harus memiliki dua karakter.

“Ia menyebutkan pentingnya dua hal. Pertama, semangat kerja keras. Kedua, disiplin,” kata Jokowi di Lapangan Pallantikang, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan, Kamis (22/2/2024).

Sebagai contoh, Jokowi menceritakan bagaimana ia bekerja keras saat merintis usahanya di Solo. Ia mengaku bekerja lebih giat daripada teman-temannya, karena menurutnya hal itu akan menghasilkan hasil yang lebih maksimal.

“Saya dulu tahun 1988 memulai usaha dari nol. Saya lihat teman-teman saya kerja jam 8 pagi sampai 4 sore. Kalau saya ikut mereka, saya sama seperti mereka, saya nggak mau,” tutur Jokowi.

Menurutnya, hasilnya pun terbukti. Di tahun ketiga usahanya sudah bisa melakukan ekspor. “Saya kerjanya dari subuh sampai tengah malam, itu yang namanya kerja keras,” ucapnya.

Selain kerja keras, disiplin juga hal yang penting untuk pengusaha. Tanpa disiplin, maka sulit mendapat modal. Jokowi juga menceritakan bagaimana saat memulai bisnisnya, ia mengambil pinjaman dari bank. Namun ia tidak pernah menunggak membayar angsuran.

“Begitu janji hari Sabtu nyicil, nyicil. Begitu janji hari Senin, hari senin. Itu namanya disiplin,” ucapnya.

Ia menyatakan bahwa karakter disiplin sangat penting. Jika karakter itu sudah terbentuk, maka sangat mudah bagi pengusaha untuk naik kelas.

“Kalau karakter disiplin itu terbentuk, ibu-ibu naik kelas itu mudah sekali,” pungkasnya. (Arya/Fajar)