Desa Kelawi: Memanfaatkan BRImo, Agen BRILink, dan QRIS untuk Meraih Inovasi Desa Wisata Berkelanjutan

by -80 Views

Desa Kelawi: Menyimpan Keindahan Alam dan Potensi Wisata Unik

Desa Kelawi terletak di Kecamatan Bakauheni, Kabupaten Lampung Selatan, Lampung, dikenal karena keindahan alamnya serta beragam potensi wisata yang unik. Desa ini dinobatkan sebagai salah satu desa wisata terbaik di Indonesia dan memiliki sejumlah aset wisata bahari. Salah satu yang paling terkenal adalah Pantai Minang Rua.

Seluruh pantai di Desa Kelawi dikelola dengan baik oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Kelawi Mandiri bersama Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis). Pantai-pantai di desa ini diawasi dengan baik dan kerap menjadi tempat persinggahan penyu saat bermigrasi untuk bertelur. Anggota Pokdarwis pun siaga berjaga malam untuk menyelamatkan telur penyu serta merawatnya hingga menetas.

Desa Kelawi juga memiliki potensi wisata lainnya seperti Green Canyon, Taman Bawah Laut, Air Terjun Jamara, Air Terjun Khaja Saka, Batu Alif, dan Goa Lalay. Bagi penggemar wisata ekstrem, desa ini juga menyediakan jumping spot yang dapat memacu adrenalin.

Tidak hanya itu, Desa Kelawi juga terkenal akan varietas alpukat dan pisang yang bernama Pipit Kelawi yang telah memiliki hak paten dan sertifikasi. Untuk mengembangkan agrowisata alpukat, Desa Kelawi memiliki program “1 KK, 2 Pohon Alpukat” dimana setiap keluarga diminta untuk menanam dua bibit alpukat. Desa ini juga telah menyediakan green house sendiri untuk membantu pembibitan.

Sekretaris Pokdarwis Desa Kelawi, Rian Naikal, menyatakan bahwa minat terhadap komoditas ini sangat tinggi sehingga Desa Kelawi kerap kekurangan pasokan. Oleh karena itu, desa sedang berupaya mengembangkan budi daya alpukat pipit secara masif. Dengan semua keberagaman potensi wisata yang dimiliki, Desa Kelawi pantas mendapat sebutan sebagai “Sejuta Atraksi dalam Satu Destinasi.”