Melihat Digitalisasi Keuangan Desa Ibru di Kabupaten Jambi, Memenangkan Gelar Desa Inovatif BRILian 2023

by -87 Views

Desa Ibru di Kecamatan Mestong, Kabupaten Muaro Jambi, Provinsi Jambi telah memenangkan predikat “Desa Inovatif dan Digitalisasi Terbaik” pada ajang Nugraha Karya Desa BRILiaN 2023. Desa ini telah mencapai pencapaian tersebut berkat inovasi dalam memanfaatkan potensi desa, terutama dalam pengelolaan air bersih. Bersama BUMDes Suka Makmur, Desa Ibru telah mengembangkan usaha pengelolaan dan pengolahan air bersih untuk rumah tangga, usaha rumahan, dan produsen air minum dalam kemasan (AMDK).

Sebelum pengelolaan air bersih ditingkatkan, warga desa harus mengantre untuk mendapatkan air bersih dan akses ke sumber air tersebut pun berbahaya karena lokasinya berada di atas tebing. Melalui Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan, desa menerima dana bantuan untuk membangun menara air yang terhubung ke pipa-pipa dan ampere air. Dengan adanya fasilitas ini, warga dapat mengakses air bersih dengan lebih mudah dan aman. Tarif penggunaan air bersih di Desa Ibru juga lebih rendah daripada di daerah lain di Provinsi Jambi, karena bersifat subsidi dan sosial.

Prestasi Desa Ibru ini memberikan inspirasi bagi desa-desa lain untuk terus mengembangkan inovasi dan memanfaatkan potensi lokal untuk kemajuan bersama.