Apakah SKK Migas Sampaikan Kabar Baik Tentang Temuan Cadangan Migas Besar di Laut Indonesia?

by -79 Views

Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto mengklaim tahun 2023 sebagai tahun terbaik dalam penemuan cadangan migas selama lebih dari 2 dekade terakhir.

Ada dua pencapaian utama yang membuat tahun 2023 menjadi tahun terbaik dalam sektor eksplorasi. Total sumber daya yang ditemukan mencapai recoverable resource sebesar +805,1 juta barel, yang merupakan penemuan minyak terbesar sejak 23 tahun lalu di lapangan Abadi pada tahun 2000. Selain itu, terdapat 2 penemuan giant discoveries di pemboran laut dalam di Geng North dan Layaran yang masuk ke dalam 5 penemuan terbesar di dunia tahun 2023 menurut WoodMackenzie, Rystad Energy, dan S&P Global.

Dwi menyatakan bahwa target investasi ekplorasi di tahun 2024 ditargetkan meningkat sebesar US$1,8 miliar, naik 200% dari realisasi investasi eksplorasi di tahun 2023 yang sebesar US$0,9 miliar. SKK Migas telah berkoordinasi dengan ENI sebagai operator Geng North untuk mempercepat produksi guna memperkuat neraca gas nasional serta mendukung hilirisasi gas di wilayah tersebut, serta menghidupkan kembali operasional Badak LNG Bontang dari 2 train menjadi 4 train dengan pasokan gas mencapai sekitar 1.700 MMSCFD, setara dengan produksi di Abadi Masela.

Dwi menegaskan, “Kapan onstream tentu menunggu pengajuan plan of development (POD), tapi kami sudah komitmen untuk melakukan percepatan agar dapat segera diproduksikan.”