Erick Thohir Mendorong Kolaborasi BRI dan HIG untuk Memperkuat Ekosistem UMKM di Makassar

by -88 Views

Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) terus mendorong pelaku UMKM di daerah untuk terus berkembang dan bisa naik kelas. Salah satu upaya yang dilakukan adalah melalui kehadiran Rumah BUMN di berbagai daerah yang dapat dimanfaatkan oleh pelaku UMKM setempat untuk mengembangkan bisnis serta meningkatkan kapasitas dan kapabilitas usahanya.

Salah satu Rumah BUMN yang dimanfaatkan oleh pelaku UMKM di daerah adalah Rumah BUMN Makassar yang dikelola oleh PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. BRI bekerja sama dengan PT Hotel Group Indonesia (HIG) untuk membantu pemanfaatan produk UMKM Binaan Rumah BUMN Makassar, dimana produk UMKM yang dihasilkan dapat dipajang dan dijual di KHAS Makassar, salah satu unit dari jaringan hotel HIG yang mengelola hotel milik BUMN.

Menteri BUMN, Erick Thohir, menyatakan bahwa pelaku UMKM di Indonesia sangat membutuhkan pendampingan dalam mengembangkan usahanya. Oleh karena itu, keberadaan Rumah BUMN diharapkan dapat memberikan dukungan berupa pelatihan dan pengembangan kapasitas bagi pelaku UMKM. BUMN juga didorong untuk berkolaborasi dalam memberikan dukungan bagi pelaku UMKM, baik dari sisi pelatihan pengembangan kapasitas, pemasaran hingga pendanaan usaha.

Erick juga menekankan bahwa UMKM di Indonesia sangat membutuhkan pendampingan dan dukungan pembiayaan seperti kredit program, utilisasi dana TJSL, kredit komersial, serta pinjaman kelompok Mekaar. Hal ini mendorong kerjasama dan partisipasi aktif antar BUMN dalam mendukung pelaku UMKM.