Pemerintah Provinsi Jawa Barat Siapkan Anggaran Rp15 Miliar untuk Mengatasi Tingginya Harga Kebutuhan Pokok

by -95 Views

Harga kebutuhan pokok yang cenderung masih tinggi terus menjadi perhatian pemerintah, terutama menjelang hari besar keagamaan atau momen pergantian tahun. Untuk menekan tingginya harga kebutuhan pokok, Pemerintah Provinsi Jawa Barat menyiapkan dana sebesar Rp 15 miliar.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jawa Barat, Noneng Komara Nengsih, mengatakan bahwa dana tersebut akan digunakan untuk melakukan intervensi berupa subsidi jika terjadi kenaikan harga berbagai komoditas pokok, sehingga daya beli masyarakat dapat terjaga. Selain itu, pihaknya juga melakukan pengawasan rutin ke sejumlah pasar tradisional dan modern di Jawa Barat untuk memastikan harga-harga bahan pokok di wilayahnya aman dan terkendali.

Noneng juga menjelaskan bahwa selama momen Natal tahun ini, harga-harga bahan pokok masih dalam kondisi stabil, terutama pada komoditas beras dan cabai. Operasi pasar juga telah dilakukan di Cirebon dan Kota Tasikmalaya untuk mengendalikan inflasi pada komoditas beras, minyak goreng, gula pasir, dan cabai.