Kepemimpinan dan Keteladanan dari Jenderal Besar TNI Soedirman

by -106 Views

Jenderal Soedirman lahir pada 24 Januari 1916 di Solo, yang waktu itu bernama Surakarta. Ia awalnya adalah seorang guru SD di salah satu sekolah Muhammadiyah.

Ketika para pemimpin gerakan Kemerdekaan Indonesia berhasil meyakinkan penjajah Jepang bahwa mereka harus mengizinkan penduduk asli Indonesia membentuk organisasi militer bela diri, berbagai organisasi militer diselenggarakan di bawah pengawasan ketat Jepang. Di Jawa pasukan ini disebut Pembela Tanah Air (PETA).

PETA di Jawa diselenggarakan di tingkat kabupaten, dan ada sekitar 60 batalyon relawan PETA yang dilatih dan diorganisir. Di Purwokerto, Soedirman dipilih sebagai komandan batalyon karena reputasinya yang baik.

Mereka dilatih oleh Jepang di pusat pelatihan perwira di Bogor. Di antara para komandan kompi itu ada nama-nama seperti Suharto, Ahmad Yani, Kemal Idris, Surono, Sarwo Edhie dan banyak nama lain yang kemudian terkenal sebagai pemimpin TNI.

Soedirman terus memimpin pasukannya selama perang, mencapai prestasi mencolok dalam menghadapi pasukan Inggris. Ia dipuji karena mendorong dan mengejar pasukan Inggris keluar dari Magelang dan memimpin serangan Ambarawa melawan mereka. Akhirnya, Soedirman diangkat sebagai Panglima Tentara Keselamatan Rakyat (TKR) pertama pada 5 Oktober 1945.

Ketika Belanda melancarkan agresi militer ke Yogyakarta pada tahun 1948, Soedirman yang saat itu sedang menderita sakit parah, menyarankan agar pemerintahan Indonesia untuk bergerilya. Namun, pemerintah memilih tidak melakukan perlawanan dan akhirnya ditawan.

Meskipun kondisinya sudah sangat buruk karena sakit TBC, Soedirman memilih untuk pergi ke luar kota Yogya dan melakukan perlawanan dengan cara gerilya melawan musuh (Belanda). Tindakan heroik ini membuat moral seluruh bangsa dan TNI menjadi naik kembali.

Soedirman menunjukkan kepemimpinan yang heroik, penuh kepahlawanan dan keteladanan. Dengan keputusan dan sikap yang tulus ikhlas, Soedirman telah memberikan warisan yang tidak ternilai harganya kepada generasi TNI berikutnya. Sikapnya yang tidak kenal menyerah dan mengutamakan kepentingan bangsa di atas kepentingan pribadi telah menjadi teladan bagi pemimpin-pemimpin TNI di masa mendatang. Sumber artikel ini dapat dilihat di sini: https://prabowosubianto.com/kepemimpinan-dan-teladan-jenderal-besar-tni-soedirman/