Libur Natal Tahun 2023 Diperkirakan Akan Meningkatkan Jumlah Penumpang Pelabuhan Hingga 30 Persen

by -96 Views

PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 4 Makassar memperkirakan bahwa jumlah penumpang dan kunjungan kapal akan meningkat sebesar 30 persen pada musim Natal dan Tahun Baru (Nataru) tahun ini, dibandingkan dengan musim Nataru tahun lalu.

General Manager (GM) Pelindo Regional 4 Makassar, Iwan Sjarifuddin menyatakan bahwa Pelabuhan Makassar sebagai pelabuhan terbesar, terpadat, dan tersibuk di Regional 4 selalu mencatat jumlah arus penumpang tertinggi di setiap musim Nataru. Pada musim Nataru tahun lalu, terdapat 83.860 orang penumpang yang menggunakan Pelabuhan Makassar, dengan 42.722 orang berangkat dan 41.138 orang tiba.

Ia juga menyebutkan bahwa jumlah penumpang pada musim Nataru tahun lalu mengalami pertumbuhan 208 persen dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Selain itu, terdapat 83 kapal yang melakukan kunjungan pada musim Nataru tahun lalu, dan diprediksi akan mengalami peningkatan sebesar 30 persen pada musim Nataru tahun ini.

Andy Hermawan, Junior Manager Hukum dan Humas Pelindo Regional 4 Makassar, menyatakan bahwa pihaknya bersama stakeholder terkait lainnya akan menyiapkan posko bersama di area Pelabuhan Makassar untuk mengantisipasi lonjakan penumpang pada periode H-8, H-1, H+1, H+6, H+8, dan H+9 Nataru.