Muhadjir Effendy Mengajak Anak-anak Untuk Menambah Konsumsi Ikan demi Mencegah Stunting, dan Juga Menyebutkan Pentingnya Asam Folat

by -95 Views

Upaya pemerintah dalam mencegah stunting pada anak terus dilakukan melalui berbagai kegiatan. Salah satunya adalah mengedukasi masyarakat, terutama ibu-ibu, tentang pentingnya memberi makan anak yang bisa mencegah stunting.

Salah satu kegiatan edukasi dilakukan oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy. Saat berkunjung ke Desa Komodo dan Pasir Putih, Kabupaten Manggarai Barat, dia berdialog dengan masyarakat di wilayah pesisir.

Daerah pesisir dengan sumber daya maritim yang kaya perlu dioptimalkan sebagai sumber pangan yang baik untuk tumbuh kembang anak. Oleh karena itu, warga pesisir diminta bisa mengoptimalkan sumber daya maritimnya, seperti ikan laut, sehingga anak-anak desa pesisir tidak terkena stunting.

Muhadjir mengungkapkan bahwa anak-anak yang banyak mengonsumsi ikan akan memiliki pertumbuhan yang sehat, karena ikan mengandung protein hewani dan asam folat yang baik untuk pertumbuhan dan perkembangan anak.

Selain itu, Menko Muhadjir juga menekankan pentingnya pemberian tablet tambah darah bagi para ibu hamil, yang juga bermanfaat untuk mencegah stunting sejak dini.

Muhadjir juga menyebut bahwa dana desa dapat dioptimalkan untuk mengurangi kemiskinan ekstrem, dengan memberikan bantuan sosial kepada masyarakat yang membutuhkan.

Kabupaten Manggarai Barat memiliki tingkat kemiskinan ekstrem sebesar 9,76 persen atau sebanyak 28,52 ribu jiwa. Angka tersebut membuat tingkat kemiskinan ekstrem Kabupaten Manggarai Barat masih diatas angka kemiskinan ekstrem provinsi dan nasional.