Kemitraan dengan Tokopedia, TikTok Shop Kembali Tersedia di Indonesia pada 12 Desember

by -121 Views

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Setelah sempat ditutup oleh pemerintah beberapa waktu lalu, TikTok Shop Indonesia kembali akan beroperasi. Namun, platform belanja ini tidak akan menggunakan aplikasi TikTok, melainkan bekerja sama dengan PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk.

Diketahui bahwa TikTok dan PT. GoTo Gojek Tokopedia Tbk. telah resmi melakukan kemitraan strategis untuk memperkuat pertumbuhan ekonomi digital Indonesia.

Bisnis Tokopedia dan TikTok Shop Indonesia akan digabungkan di bawah Tokopedia, sedangkan TikTok akan memiliki kendali atas Tokopedia.

Layanan belanja dalam aplikasi TikTok di Indonesia akan dioperasikan dan dikelola oleh Tokopedia.

TikTok akan menginvestasikan lebih dari USD1,5 miliar atau sekitar Rp23,4 triliun, sebagai komitmen jangka panjang untuk mendukung operasional Tokopedia, tanpa dilusi lebih lanjut pada kepemilikan GoTo di Tokopedia.

Melalui kesepakatan tersebut, TikTok dan GoTo diharapkan dapat memperluas manfaat bagi pengguna serta pelaku UMKM Indonesia.

Kerja sama dengan TikTok Shop Indonesia dianggap akan membawa pertumbuhan bisnis bagi Tokopedia dan keuntungan bagi GoTo.

Selain itu, GoTo juga akan menerima aliran pendapatan dari Tokopedia sejalan dengan skala dan pertumbuhan perusahaan tersebut. Kemitraan strategis kedua platform akan dimulai dengan periode uji coba yang dilaksanakan dengan konsultasi dan pengawasan dari kementerian serta lembaga terkait.

“Tokopedia dan TikTok Shop juga akan meluncurkan kampanye Beli Lokal yang dimulai pada 12 Desember bertepatan dengan Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas),” demikian tulis pernyataan resmi tersebut, Senin (11/12). (fajar)