Kementerian Komunikasi dan Informatika Membantah Tudingan Hoaks Terkait Produk Le Minerale yang Terafiliasi dengan Israel

by -130 Views

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) melalui situs web resminya dengan tegas menyatakan adanya informasi palsu yang ditujukan untuk memfitnah produk air minum dalam kemasan (AMDK) milik perusahaan nasional dengan merek “Le Minerale”. Informasi palsu ini disebarkan oleh dua influencer media sosial yang menuduh Le Minerale sebagai produk merek asing dan terkait dengan Israel.

Informasi palsu ini sebelumnya disebarkan oleh Ketua Cyber Indonesia, Husin Alwi/@HusinShihab, dan akun milik Jhon Sitorus/@Miduk17, melalui platform media sosial X/Twitter, yang kemudian dikutip oleh beberapa media tanpa klarifikasi.

Le Minerale merupakan produk AMDK yang 100% buatan Indonesia dan kantornya berada di dalam negeri, bukan di luar negeri, apalagi di Israel.

“PT. Tirta Fresindo Jaya selaku produsen air kemasan ‘Le Minerale’ membantah isu yang beredar di media sosial tersebut,” demikian bantahan di situs web resmi Kemkominfo yang khusus membantah informasi palsu yang menyasar perusahaan swasta.

“PT. Tirta Fresindo Jaya merupakan perusahaan yang 100% Indonesia. Kepemilikan 100% Indonesia, karyawan 100% warga negara Indonesia, dan produk perusahaan, baik dalam kemasan botol maupun galon, sepenuhnya diproduksi di Indonesia. PT. Tirta Fresindo Jaya menjamin pihaknya tidak memiliki kaitan apa pun dengan Israel. Selain itu, Le Minerale tidak memiliki operasional maupun investasi dalam bentuk apa pun di Israel,” demikian paparan di situs web tersebut.