Polres Nisel kembali menggelar program Jum’at Curhat.

by -98 Views

Kantor Polisi Nias Selatan mengadakan kegiatan Jumat Curhat di kantin Kantor Camat Fanayama, Kabupaten Nias Selatan pada Jumat, 3 November 2023. Kegiatan ini dihadiri oleh Camat Fanayama, Sekcam Fanayama, Kepala Desa Lahusa Fau, Personil Sat Binmas Polres Nias Selatan, Tokoh Adat Desa Lahusa Fau, Perangkat Desa Lahusa Fau, dan Masyarakat Desa Lahusa Fau.

Kegiatan ini dilakukan secara rutin setiap Minggu untuk menyampaikan aspirasi warga dan pesan-pesan Kamtibmas sampai ke tingkat desa. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mendengarkan keluhan masyarakat terkait situasi keamanan dan ketertiban masyarakat di wilayah masing-masing.

Kepala Satuan Pembinaan Masyarakat (Kasat Binmas) Polres Nias Selatan menyampaikan bahwa kegiatan Jumat Curhat ini dilaksanakan secara rutin setiap Jumat di seluruh wilayah Kabupaten Nias Selatan. Camat Fanayama juga mengharapkan agar setiap desa memiliki personil Bhabinkamtibmas. Namun, karena kurangnya personil, satu Bhabinkamtibmas harus membina hingga 20 desa.

Pj. Kades Lahusa Fau sebagai Penjabat baru juga diharapkan untuk tidak takut masuk ke Desa Lahusa Fau dan siap menampung setiap permasalahan yang terjadi di desa. Kepala Satuan Pembinaan Masyarakat juga menyampaikan bahwa Bhabinkamtibmas akan lebih aktif melakukan sambang ke Desa Lahusa Fau.

Selain itu, dalam menghadapi Pemilu 2024, masyarakat diharapkan untuk tetap menjalin hubungan yang baik meskipun memiliki pilihan yang berbeda. Polri dalam Pemilu harus tetap netral dan tidak berpihak kepada calon legislatif dan partai manapun.

Kasat Binmas juga mengingatkan tentang peristiwa pembakaran gudang suara di Kecamatan Fanayama pada Pemilu 2014. Untuk itu, menjelang Pemilu 2024 diharapkan agar tidak terulang kembali dan terciptanya Pemilu yang damai. Polisi berharap kegiatan Jumat Curhat ini dapat menyerap aspirasi, saran, dan keluhan masyarakat terkait Kamtibmas.