Pemberian Bantuan Kemanusiaan Indonesia kepada Palestina

by -157 Views

Pada tanggal 4 November 2023, Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi dan Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto memimpin pelepasan bantuan kemanusiaan tahap pertama untuk rakyat Palestina di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta.

Total bantuan yang dikirim adalah sebanyak 51,5 ton yang akan disalurkan ke Gaza melalui Mesir. Bantuan tersebut berupa bahan makanan, alat medis, selimut, tenda, dan barang-logistik lainnya yang sesuai dengan kebutuhan di Gaza.

Ketua Umum Partai Gelombang Rakyat (Gelora) Indonesia, Anis Matta, mengapresiasi pengiriman bantuan ini sebagai panggilan kemanusiaan dan pelaksanaan amanat konstitusi. Ia juga menyatakan bahwa Indonesia harus mendukung perjuangan dan kemerdekaan rakyat Palestina atas tiga alasan yaitu konstitusi, kemanusiaan, dan agama.

Anis Matta berharap pengiriman bantuan tahap pertama ini menjadi bukti dukungan yang sungguh-sungguh dari Indonesia terhadap perjuangan Palestina. Dia juga menyebut bahwa akan ada pengiriman bantuan tahap berikutnya.

Partai Gelora juga menggalang solidaritas kemanusiaan dan dukungan kemerdekaan untuk Palestina di Balikpapan, Kalimantan Timur. Para peserta acara akan menggunakan syal Palestina dan akan ada penyerahan bantuan kemanusiaan secara simbolis.

Pengiriman bantuan ini merupakan bentuk solidaritas Indonesia dalam mendukung Palestina. Presiden Jokowi menegaskan bahwa tragedi kemanusiaan di Gaza harus segera dihentikan.

Bantuan kemanusiaan pemerintah Indonesia tersebut akan diberangkatkan ke bandara El Arish di Mesir dan akan diteruskan ke Gaza.

Pewarta: Heri Suroyo

Editor: Imam Hairon