Ratusan Warga Situbondo Berpotensi Mendapatkan BLT Melalui Anggaran DBHCHT dari Pemkab

by -94 Views

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Situbondo melalui Dinas Sosial (Dinsos) akan menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) Tahun 2023 kepada ribuan masyarakat di Situbondo. Data dari Dinsos Situbondo menunjukkan bahwa BLT akan diberikan kepada 3.697 masyarakat penerima manfaat di Situbondo, termasuk buruh pabrik rokok dan buruh tani tembakau.

Bupati Situbondo, Karna Suswandi, menjelaskan bahwa BLT DBHCHT ini diberikan kepada masyarakat kurang mampu di wilayah penghasil tembakau untuk mensejahterakan rakyat. Ia juga meminta agar Dinsos Situbondo segera melakukan verifikasi data penerima agar bantuan ini dapat disalurkan dengan cepat dan tepat sasaran.

Bung Karna juga berharap agar penyaluran BLT DBHCHT ke depan dapat lebih merata lagi dan tidak hanya menyasar kecamatan yang merupakan sentra penghasil tembakau. Penerima BLT DBHCHT akan mendapatkan uang tunai sebesar Rp900.000,- selama tiga bulan, yaitu Oktober hingga Desember 2023.

Kepala Dinsos Situbondo, Timbul Surjanto, menjelaskan bahwa penerima bantuan ini berasal dari 14 kecamatan di Kabupaten Situbondo. Sebelum penyaluran bantuan, sosialisasi dilakukan dengan melibatkan camat dan instansi terkait.

Artikel ini pertama kali dipublikasikan oleh Syamsuri dan diedit oleh Satria Galih Saputra.