Soto Klethuk Mbah Gowak, Makanan Khas Blora yang Melekat di Lidah dan Legendaris

by -126 Views

Soto Klethuk Mbah Gowak adalah sebuah warung makan legendaris di Kabupaten Blora yang terletak di Jalan Gunung Lawu No 93, samping Kantor Kelurahan Tempelan, Kecamatan/Kab Blora, Jawa Tengah. Warung ini didirikan pada tahun 1957 oleh Parto Pasiman (Mbah Gowak) dan saat ini dikelola oleh putranya Solikin.

Soto Klethuk Mbah Gowak menjadi salah satu kuliner khas Blora yang sangat populer di kalangan pecinta kuliner. Kuah Soto Klethuk Mbah Gowak yang bening dan direbus lama, disertai dengan taburan klethuk dan menggunakan ayam kampung menjadi ciri khasnya.

Soto Klethuk Mbah Gowak disajikan dalam mangkuk dengan nasi atau lontong, tambahan berupa cambah/toge, daging ayam kampung, bawang merah, kecap, kucai, irisan telur rebus, klethuk, mi soun, serta pelengkap seperti tempe, telur puyuh, sate ati ampela, kerupuk, perkedel, dan telur goreng. Minuman juga disediakan sebagai pelengkap.

Klethuk sendiri terbuat dari gemblong atau kentang yang dipotong menjadi dadu kecil. Cita rasa unik dan taburan klethuk inilah yang membuat Soto Klethuk Mbah Gowak menjadi favorit baik di Blora maupun di luar kota.

Warung ini telah memiliki penggemar setia sejak zaman orde baru. Selain cita rasanya yang enak dan spesial, tambahan taburan klethuk juga membuatnya semakin lezat dan menggugah selera.

Artikel ini telah ditulis oleh Gunawan sebagai pewarta dan diedit oleh Mahrus Sholih.

Sumber: [SUARA INDONESIA](https://news.google.com/publications/CAAqBwgKMLiemwsw_KizAw?hl=en-ID&gl=ID&ceid=ID%3Aen)