Ada Rencana Pemilihan Ketua Harian dalam Munas ISMI di Semarang

by -112 Views

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Musyawarah Nasional (Munas) Ikatan Saudagar Muslim Indonesia (ISMI) akan diselenggarakan di Hotel Pandanaran, Semarang, Jawa Tengah, pada tanggal 27-29 Oktober 2023.

Terkait acara ini, rombongan ISMI Sulsel yang terdiri dari 15-20 orang akan hadir langsung untuk meramaikan Munas tersebut. Ketua ISMI Sulsel, Dr. Andi Yusran Paris, menyampaikan beberapa agenda yang telah mereka persiapkan.

Salah satu di antaranya adalah mendorong pembaruan organisasi dengan dibentuknya struktur Ketua Harian untuk mendampingi kemajuan Ketua Umum. “Kami juga berharap program awal ISMI pusat adalah melakukan evaluasi terhadap struktur di seluruh wilayah yang kurang aktif,” kata Yusran.

Secara keseluruhan, sebagai pemilik suara ISMI Sulsel, mereka masih mendukung Ketua Umum Dr. Ing. Ilham Habibie, MBA, yang juga merupakan putra dari Presiden ke-3 RI, BJ Habibie (alm), untuk maju kembali pada periode ketiga mendatang.

“Selama beliau bersedia. Kami memahami kesibukannya sehingga ke depan perlu ada Ketua Harian,” kata Yusran. Calon Senator Sulsel ini juga berharap setelah Munas, ISMI dapat menjadi mitra pemerintah dan perbankan dalam setiap kebijakan ekonomi Islam dan bisnis syariah.

“Apalagi dengan adanya agenda pilpres, akan ada presiden yang baru. Program kita ke depan harus semakin sinergis, lebih aplikatif, dan bukan lagi wacana,” tambahnya. Pendapat yang sama juga disampaikan oleh Sekretaris ISMI Sulsel, Sudirman Uno, dan Wakil Ketua, Irwan.

Menurut mereka, suara ISMI harus lebih diperhitungkan sehingga pihak pemerintah dan perbankan tidak hanya mengenali Masyarakat Ekonomi Syariah (MES). Mereka juga mendorong penataan sekretariat dan database anggota hingga ke daerah menjadi lebih baik.