6 Tips yang Harus Dipahami oleh Investor Pemula agar dapat Berinvestasi Saham dengan Bijak

by -140 Views

FAJAR.CO.ID–Mampu memberikan peluang keuntungan atau imbal hasil yang tinggi, tidak heran jika saham menjadi instrumen investasi yang banyak diminati oleh para investor. Namun, potensi keuntungan yang tinggi dari investasi saham juga dibarengi dengan tingkat risiko yang tidak kalah tinggi. Oleh karena itu, para investor saham perlu memahami strategi dan cara berinvestasi yang tepat agar dapat meminimalkan risiko yang ada.

Terutama bagi investor pemula yang masih minim pengalaman dan pengetahuan, sangat penting untuk terus meningkatkan pemahaman terkait investasi saham. Dengan begitu, kegiatan berinvestasi dengan instrumen berisiko tinggi ini dapat dilakukan dengan lebih optimal dan memberikan keuntungan sesuai dengan harapan.

Lalu, apa saja tips yang dapat dilakukan oleh investor pemula agar dapat berinvestasi saham dengan aman dan nyaman? Tanpa berlama-lama, berikut adalah 6 tips penting yang harus dipahami oleh investor saham pemula:

1. Pelajari Dasar-dasarnya Terlebih Dahulu

Sebelum memulai sesuatu, setiap orang tentu harus memahami dasar-dasarnya terlebih dahulu, terutama dalam hal investasi saham yang berkaitan dengan keuangan. Terkait dengan investasi, ilmu dasar yang penting untuk dipahami meliputi berbagai istilah teknis yang terkait serta cara kerjanya.

Pada dasarnya, saham sering kali diartikan sebagai tanda kepemilikan modal yang diberikan oleh seseorang atau pihak lain kepada perusahaan. Dalam kata lain, saham atau kepemilikan modal ini berlaku untuk perusahaan yang bersangkutan.

Dalam investasi saham juga terdapat istilah RUPS atau Rapat Umum Pemegang Saham. RUPS ini berfungsi untuk mengumpulkan aspirasi pemegang saham guna menentukan kebijakan yang tepat yang akan mempengaruhi perkembangan badan usaha. Selain itu, istilah penting lain yang harus dipahami oleh investor saham adalah dividen, emiten, serta analisis teknikal dan fundamental.