Lebih dari 5.000 Pencari Kerja Mendatangi Job Fair, 1 Persen dari Mereka adalah Disabilitas

by -140 Views

FAJAR.CO.ID, MAROS — Sekitar 5.000 pencari kerja memadati Mal Pelayanan Publik (MPP) di Kabupaten Maros, pada Jumat, 20 Oktober 2023.

Mereka berlomba-lomba mendaftar di beberapa perusahaan yang berpartisipasi dalam ajang bursa kerja atau job fair.

Bupati Maros, Chaidir Syam, mengatakan bahwa terdapat sekitar 1.300 lowongan kerja dalam job fair ini. Ada sekitar 30 perusahaan yang ikut serta.

“Setiap tahun kita mengadakan job fair, biasanya dua kali setahun,” kata Chaidir.

Job fair ini berlangsung selama dua hari, dimulai dari Kamis, 19 Oktober hingga Jumat, 20 Oktober.

Menariknya, dari 1.300 lowongan pekerjaan yang tersedia, satu persennya diperuntukkan bagi kaum difabel.

“Jadi, pencari kerja asal Kabupaten Maros akan diprioritaskan, tetapi kita tidak menghalangi warga dari luar yang ingin mendaftar. Selain itu, dari 1.300 lowongan kerja yang tersedia, satu persennya dikhususkan bagi kaum difabel,” jelas Chaidir, yang juga merupakan Mantan Ketua DPRD Maros.

Dia juga mengatakan bahwa hingga hari kedua event ini, sudah ada 5.000 pendaftar dan diperkirakan akan bertambah hingga sore nanti.

Sebelumnya, pihaknya juga mengadakan job fair di SMK 1 Maros dengan menyediakan 500 lowongan pekerjaan.

Kepala Tenaga Kerja Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu, dan Ketenagakerjaan, Nuryadi, berharap adanya penyerapan tenaga kerja secara maksimal dalam job fair ini.

Diharapkan target 20 ribu lapangan pekerjaan yang menjadi visi misi pemerintah Chaidir Syam – Suhartina Bohari dapat tercapai.